Unik : Asal Usul Bakso

Unik : Asal Usul Bakso

Bakso Makanan yang satu ini selalu jadi favorit di indonesia hingga mancanegara, Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging giling’.

Ada sebuah cerita unik tentang Bakso, Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou – China,da seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil. Dia berkepribadian baik dan berbakti kepada orang tuanya. Bakti Meng Bo pada ibunya sangat diketahui oleh para tetangga. Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa makan sesuatu yang agak keras. Ini sedikit mengecewakan karena ibunya suka sekali makan daging.

Meng Bo merasa kasihan pada ibunya yang tidak bisa memakan daging, dan dia terus memikirkan cara agar ibunya bisa menikmati daging, Hingga suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, timbul idenya. Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi.

Setelah menumbuk daging tersebut hingga empuk, itu Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan menyerupai bola, Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat, kemudian Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan.

nn/ bu

 

Tags: ×

Vergeture Grossesse

Traitement Acné