Mbah Kandong Penemu Desa JatiKramat

Mbah Kandong Penemu Desa JatiKramat

Jatikramat adalah sebuah desa di selatan Kota Bekasi yang menjadi akses orang-orang Bekasi menuju Pondokgede sampai ke Jakarta timur, didesa ini terdapat sebuah makam keramat yang menjadi cikal bakal nama dari desa jatikramat ini.

Makam keramat mbah Kandong, makam yang sering di Kunjungi para peziarah dari berbagai daerah. makam ini mejadi asal usul dari nama desa Jatikramat yang dulunya adalah daerah yang dipenuhi dengan pohon jati yang lebat.

Menurut cerita mbah Kandong adalah seorang penyebar agama Islam di daerah Bekasi, tentang nama asli beliau ada yang menyebutkan bahwa mbah Kandong adalah Syekh Su’ud atau Syekh Sarifudin keturunan sultan banten, yang  lari dari kejaran penjajah saat peristiwa pangeran jayakarta yang membuang jubah sorbanya ke dalam sumur di mangga dua.

Mbah Kandong atau Syekh Sarifudin  datang dengan menggunakan Handong ( Delman  ) dan pada akhirnya menetap di tempat itu dan lebih di kenal oleh masyarakat setempat Mbah Handong/Mbah Kandong. saat beliau datang daerah tersebut masih seperti hutan dan warga yang tinggal di daerah ini sekitar sepuluh kepala keruarga yang masih belum memeluk agama Islam.

loading...

Akhirnya beliau menyebarkan agama islam dengan cara mendatangi warga dari pintu kepintu yg pada waktu itu masyarakat sekitar masih menganut agama animisme, dan Mbah Kandong atau Syekh Sarifudin terkenal menjadi Pembawa Agama Islam yang pertama di kampung Jatikramat dan desa Jatibening yang dulunya merupakan kecamatan Pondok Gede.

Letak makam tersebut berada di Desa JatiKramat Kec. jatiasih tepatnya  di jln maqom di belakang perumahan Duta Indah – Kota Bekasi.


Vergeture Grossesse

Traitement Acné