Tips Memilih Perguruan Tinggi

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Setelah melewati masa SMA, kadang kita bingung untuk menentukan kampus mana yang cocok untuk kita. Nah, kali ini Globalin akan memberikan tips untuk kalian memutuskan kampus yang cocok untuk kalian.

1. Sesuai Minat dan Cita-cita
Sebelum mengambil keputusan untuk mendaftar ke sebuah universitas, langkah baiknya kita pertimbangkan minat dan cita-cita. Aku pribadi sempat mengusulkan sebuah jurusan kepada adikku, namun ternyata ia memiliki pandangan dan ketertarikan yang berbeda. Akhirnya aku mengalah dan menyerahkan pilihan padanya. Sebab, pilihan yang baik akan menunjang cita-cita kita kelak.

2. Sesuai Bakat dan Kemampuan
Selain ketertarikan, hal yang menjadi bahan pemikiran adalah bakat atau kemampuan. Ada kalanya kita tertarik pada suatu hal hanya karena tengah menjadi trend, sekadar mengagumi, atau tengah dibutuhkan lapangan kerja. Di sisi lain, kita tidak memiliki cukup kapasitas untuk menguasainya. Jadi pertimbangkan saja.

3. Gelar atau Pekerjaan?
Bertanya pada diri sendiri, apakah usai lulus kuliah kita ingin langsung memeroleh kerja atau cukup gelar terlebih dahulu? Jika ingin segera bekerja, sekarang-sekarang ini banyak universitas yang mengaku telah kontrak dengan banyak perusahaan untuk penempatan kerja. Cari saja info universitas-universitas tersebut dengan se-akurat mungkin.

loading...

4. Cari info sebanyak mungkin dengan seakurat mungkin
Selain pamphlet atau spanduk, alangkah baiknya kita berinisiatif mencari info lebih luas lagi. Bagaimanapun, keterangan iklan hanya menggembar-gemborkan hal-hal positif atau keunggulan universitas. Tidak detail. Jadi perlu juga bagi kita untuk mencari keterangan lebih lengkap, misalnya via internet atau website resmi universitas tersebut. Kepo deh sekali-kali.

5. Ketahui Akreditasi/Peringkat
Saat ini, akreditasi atau peringkat universitas ini menjadi salah-satu elemen penting. Meski universitas yang kita tuju tidak memiliki peringkat bagus tingkat nasional atau internasional, setidaknya status akreditasi bisa menjadi gambaran kredibilitas universitas tersebut. Zaman sekarang, lulusan sebuah universitas ternama tidak menjadi jaminan kemampuan seseorang, bukan? ^_^

6. Minat Referensi dari Guru/ Kakak Kelas
Banyak berdiskusi dengan orang-orang yang telah berpengalaman berkuliah sangat membantu mencerahkan pilihan kita. Sesekali atau bagusnya sesering mungkin, kita berdialog dengan guru dan kakak kelas. Mintalah saran mengenai universitas-universitas yang hendak kita tuju. Dengarkan pula pengalaman mereka selama kuliah, sehingga kita akan siap dan tak kaget lagi menerima dunia organisasi dan belajar-mengajar ala perkuliahan. So, selain informasi dari pamphlet, serap juga informasi riil-nya.

7. Lakukan Perbandingan Universitas
Kalau masih galau, baiknya kita meluangkan waktu untuk membanding-bandingkan universitas pilihan. Entah itu dengan mendatangi langsung, membandingkan kualitasnya, Akreditasi/peringkatnya, keuangannya, fasilitasnya, lokasinya, dst.

8. Pakai Plan A, B, C, Dst
Meski kita sangat ingin memasukki Universitas A, namun jangan menutup diri untuk mempersiapkan cadangan universitas lain. Misalnya jika kita tidak diterima atau gagal masuk ke universitas A karena suatu masalah, kita telah memiliki alternative universitas B, C, Dst. Sehingga kita tetap siap dan bersemangat.

Nah, cukup sekian tips dari redaksi Ayobekasi.com.Semoga bermanfaat untuk kalian.

(Aswin – IDP Indonesia)


Vergeture Grossesse

Traitement Acné