Gedung Papak Saksi Perjuangan Rakyat Bekasi

Gedung Papak Saksi Perjuangan Rakyat Bekasi

Jika Mendengar kisah heroik para pejuang kota Patriot melawan penjajah maka kita akan teringat kembali jika melihat sebuah bangunan yang terletak Jalan Insinyur Haji Juanda No. 100, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Gedung Papak namanya jika orang Betawi bilang Gedong Papak, Bangunan ini adalah salah satu bangunan yang menjadi saksi bisu Perjuangan rakyat Bekasi.

Dahulu gedung ini dijadikan markas perjuangan rakyat yang dipimpin oleh KH.Noer Ali, bangunan ini dibangun tahun 1930 Oleh seorang saudagar Cina yang bernama Lee Guan Chin yang merupakan orang kaya didaerah tersebut, karena kedekatan Lee Guan Chin dengan KH.Noer Ali dan juga rakyat setempat maka ia dengan sukarela menyerahkan Gedung Papak kepada Kyai Haji Noer Ali untuk dijadikan markas para pejuang.

Kenapa bangunan ini disebut Gedung Papak bila diambil dari kamus bahas Indonesia kata Gedong berarti rumah atau bangunan. Sedangkan kata papak berasal dari istilah pak-pak yang bermakna rumah yang atapnya tidak menggunakan genteng melainkan dibuat rata. Hal itulah yang menjadi ciri khas Gedung Papak.

Usai perang kemerdekaan gedung ini diambil oleh pemerintah dan sempat dijadikan Rumah dinas Bupati, sekarang gedung ini masih tetap terawat dan dijadikan salah satu bangunan bersejarah dikota Bekasi.

loading...
loading...

Vergeture Grossesse

Traitement Acné