Asal Usul Tempe

Asal Usul Tempe

Makanan ini merupakan salah satu makanan pelengkap yang sangat di gemari bagi orang-orang Indonesia, bila tak bertemu makanan ini maka selera makan menjad kurang lengkap di buatnya, Tempe !! ya itulah salah satu makanan paling favorit di tanah air, adakah yang mengetahui asal usul dari Tempe??

Makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.  konon pada mulanya tempe diproduksi dari kedelai hitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa.

Kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi.

Referensi tertua didunia yang diketahui menyebut tempe secara spesifik adalah manuskrip serat centhini. Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata “tempe”, misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan.

loading...

Tempe memiliki kandungan Gizi yang sangat tinggi, Komposisi gizi tempe baik kadar protein, lemak, dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. wow !!! sepertinya aku tak bisa hidup tanpa Tempe dehh.

cc-kkl

asul usul tempe,sejarah tempe

asul usul tempe,sejarah tempe

loading...

Vergeture Grossesse

Traitement Acné