Monumen Kali Bekasi Dalam Sejarah

Monumen Kali Bekasi Dalam Sejarah

Last Japanese Standing in Indonesia !! apa arti dari kalimat ini, sebuah kalimat yang sangat di kaitkan dengan sebuah monumen yang bediri di tepi kali Bekasi, sebuah monumen yang di buat oleh Pemerintah Jepang dengan Pemerintah Kota Bekasi sebagai monumen sejarah untuk memperingati Insiden Kali Bekasi pada akhir masa penjajahan jepang di Indonesia.

Berada tepat di samping jembatan kali Bekasi, tepatnya di Jl. Djuanda yang letaknya tak jauh dari stasiun Bekasi, monumen inilah yang menjadi petanda bagaimana perjuangan dan keberanian rakyat Bekasi melawan tentara para penjajah. Insiden Kali Bekasi terjadi pada 19 Oktober 1945 kala itu Indonesia baru saja merdeka, meluncur kereta dari Jakarta yang mengangkut tawanan Jepang menuju Ciater. Rakyat Bekasi sudah menunggu, di Stasiun Bekasi seluruh gerbong kereta digeledah, ditemukanlah 90 orang  tentara Jepang yang sudah menjadi tahanan perang.

Seluruh tawanan akhirnya digelandang ke tepi Kali Bekasi dan dibantai inilah yang menjadi asal usul berdirinya monumen tersebut pada tugu monumen  terdapat relife yang menggambarkan penggeledahan dan penangkapan tentara Jepang oleh rakyat Bekasi. sampai saat ini banyak  Para veteran Jepang maupun warga negara Jepang yang datang, di setiap tahunnya untuk memperingati kejadian tersebut dan melakukan tabur bunga, baik di Monumen Kali Bekasi maupun di Kali Bekasi.

 

loading...

NNs

loading...

Vergeture Grossesse

Traitement Acné