Asal Mula Onde-Onde

Asal Mula Onde-Onde

Onde-Ondeee siapa yang tak kenal makanan ringan yang suatu ini dengan rasanya yang enak dan nama yang cukup unik. ada yang tahu ngak dari mana asal usul kue onde-onde ini ??  mari kita cari tahu.

Asal mula onde-onde dapat ditelusuri dari tanah Tiongkok saat zaman dinasti Tang, di mana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui. Makanan ini kemudian menyebar ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia tenggara hingga indonesia.

kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit wow !!!. tapi bagi masyarakat betawi kue ini juga jadi salalah satu makanan favorit yang menghiasi acara-acara tertentu.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.

loading...

setiap negara onde-onde berbeda namanya seperti di Cina disebut matuan dan ma yuan, sedangkan di Malaysia, onde-onde disebut sebagai kuih bom. Di Vietnam, makanan ini dikenal sebagai bánh cam   dan Di Filipina, onde-onde disebut butsi.

gambar-lucu-warkop-dki-7

ccpp


Vergeture Grossesse

Traitement Acné